Rabu, 15 Juni 2011

Hunting Tiket Murah AirAsia yuk..


saya dan Trias di depan Reclining Buddha Monkey Cave Temple, Krabi, Thailand

Dulu, bisa liburan keluar negeri itu hanya mimpi buat saya. Tiketnya saja sudah mahal, belum lagi penginapan, makan dan segala tetek bengek-nya di sana. Tapi sejak kenal AirAsia, semua mimpi satu-persatu jadi nyata. Hari paling menegangkan bukanlah hari dimana saya harus presentasi di hadapan bos, bukan juga hari mendatangi panggilan interview, tapi tak lain tak bukan adalah hari AirAsia memberikan promo Big Sale atau Free Seat. Dag dig dug, dapat ga ya? Agak lebay sih, tapi beneran, apalagi jika kita berjiwa travelling, terutama yang low budget alias backpacking.
Banyak teman yang berpendapat kalau saya ini banyak uang, karena bisa keluar negeri sering-sering. Saya cuma bisa bilang, ‘terus terang uang saya tidak banyak lho. kamu kalau mau jalan-jalan keluar negeri juga bisa. hunting tiket aja ya di promo AirAsia. harganya bisa dibilang tidak masuk akal’
Lalu teman saya akan bilang ‘oooo AirAsia, iya tahu sih. tapi nggak ngerti bagaimana booking-nya. tolong booking-in boleh, sekalian kalau lagi beli tiket murah’.
Nah, kalimat balasan itu saya kurang suka deh. Hunting tiket murah AirAsia itu bukan pekerjaan gampang, karena jutaan orang akses satu alamat website dalam waktu yang sama. Bisa lihat harga tiket aja susahnya minta ampun. Trus tega banget minta titip beliin? Kecuali jika perginya nanti barengan ya, saya oke oke aja booking-in :p
Buat teman-teman yang mau coba beli tiket promo AirAsia, caranya saya coba jabarkan disini.

Penting! Hanya beli tiket AirAsia saat promo Free Seat atau Big Sale
Yup, karena jika beli selain di dua waktu tersebut, harganya mahal, serius. Kabar menyedihkan datang di tahun 2011. Bulan April dan November adalah jadwal promo Free Seat, tapi bulan April yang lalu promo Free Seat ini ditiadakan. Lalu apakah sudah tidak ada kursi gratis lagi dari AirAsia? Lets see in November. (UPDATE : Sekarang AirAsia benar-benar sudah tidak ada lagi FREE SEAT atau tiket Rp. 0. OH NOOO) Oh ya, jika ditanya apa perbedaan promo Free Seat dan Big Sale, kira-kira jawabannya seperti ini. Free Seat pastinya harga tiket 0, tapi jadwal keberangkatan dengan harga tiket ini selalu di hari Senin-Kamis, sedangkan Jum’at sampai Minggu—tidak pernah Rp. 0. Promo Big Sale, mulai dari harga 10rb, tapi penerbangan tersedia dari Senin-Minggu.
Daftar jadi member
Jangan lupa daftar dulu di website-nya, www.airasia.com. Lalu jadi fans di fanpage AirAsia dan AirAsiaIndonesia di Facebook, follow juga twitter-nya di @AirAsia dan @AirAsiaId. Ini supaya kita tidak samapai ketinggalan informasi, kapan promo Free Seat atau Big Sale dimulai. Ketinggalan, bahaya.
Bagi pemula, coba latihan beli tiket dan kutak-katik website
Ini juga penting. Sebelum promo dimulai, terutama bagi pemula, latihan dulu untuk membeli tiket di website-nya. Kerjakan sampai kolom pembayaran, tapi jangan klik Pay (namanya juga latihan). Gunanya agar terbiasa dengan situs AirAsia. Manfaatkan fitur terbaru di website AirAsia yang bisa mendaftarkan nama dan data teman dan keluarga, jadi tidak perlu mengisi satu-satu data mereka saat membeli tiket. Ada juga fitur baru menyimpan nomor kartu kredit yang akan digunakan. Saya akui keduanya sangat berguna, karena sangat menghemat waktu dan tenaga.
Buat banyak rencana cadangan
Sebelum promo dimulai, saya buat banyak rencana cadangan. Contoh: pengen beli tiket ke Hongkong, ternyata yang gratis hanya KL-HKG, CGK-KL ngga. Langsung cek rute alternatif, misalnya CGK-HKT, baru deh HKT-HKG. Tinggal pilih lebih murah yang mana. Permasalahan sebenarnya adalah rute yang kita ingin beli ternyata tidak termasuk dalam daftar ‘harga gila’ Rp. 0 atau Rp. 10rb. Beruntunglah anda yang pemula, ikuti saja promo yang sedang berlangsung. Jika yang Rp. 0 itu ke Singapore, ya beli duluan ke Singapore. Atau yang Rp. 0 itu ke Ho Chi Minh, Vietnam—ya beli rute itu. Kesempatan mendapat tiket murah seharga itu sangat langka, jadi jangan disia-siakan.
Trik Khusus
Jam 11 kurang 15 menit waktu Jakarta, login terlebih dahulu di airasia.com, lalu masuk ke halaman booking dan isi detail penerbangan yang diincar. Jam 11.01, tinggal klik icon SEARCH.
Biasanya, antara jam 11 s/d 3 pagi, high traffic! Seringkali kita akan masuk ke Waiting Room. Kemungkinan cuma sampai halaman pilih penerbangan. Justru bagus, kita bisa lihat tanggal berapa saja yang ada kursi gratisnya. Segara catat tanggal penerbangan yang diincar. Habis itu tinggal tidur dulu, tak lupa pasang alarm jam 3.
Jam 3 pagi, buka lagi airasia.com dan pilih penerbangan yang sudah diincar sebelumnya. Jam segini sudah tidak high traffic lagi, dan kita bisa coba untuk booking. Namun jika jam 5 pagi belum berhasil juga ke halaman pembayaran, ambil HP dan coba mobile booking, karena jam 6 keatas biasanya kursi gratis sudah banyak yang diambil orang. Mobile booking sangat sangat lebih mudah dibandingkan website booking. Kita hanya perlu memilih rute, tanggal penerbangan dan nama penumpang, dan bayar. Kekurangannya adalah setiap mobile booking tidak akan masuk ke akun kita alias Manage My Booking, jadi pastikan catat nomor booking yang sudah berhasil, agar tidak kehilangan tiket. Belakangan saya baru tahu, mobile booking yang tercecer diluar akun kita, bisa kok kita masukkan ke dalam daftar pembelian kita di Manage My Booking, caranya hubungi Call Center dan minta tolong pindahkan ke dalam akun (UPDATE : Sekarang tidak perlu hubungi Call Center lagi, kita bisa masukkan sendiri booking yang tercecer ke dalam akun sendiri dengan Search Booking) 
Catatan : Promo Big Sale terakhir yaitu Mei kemarin, sudah tidak mulai pukul 11 malam lagi, melainkan pukul 11 siang. Terus terang ini agak menyulitkan, karena sampai sore hari dan malamnya pun, masih terjadi high traffic. Saya berhasil booking tiket murah Rp. 10rb ke KL, dan MYR 50 dari KL ke Clark, Manila—pukul 3 pagi hari keesokan harinya.
Update : Sekarang mobile booking sudah bisa Manage My Booking lho.
Untuk harga termurah, jangan beli Add Ons
Setelah berhasil memasukkan nama penumpang, kita akan ditawarkan membeli bagasi, makanan dan comfort kit. Untuk harga termurah, kita bisa pilih NO untuk semua kategori ini (kecuali jika anda benar-benar membutuhkannya. kalau saya biasanya tidak perlu, karena jika memutuskan untuk membawa koper daripada backpack, koper dengan tipe cabin baggage pun tetap bisa dibawa masuk ke kabin pesawat. makanan pun bisa dipesan kemudian hari, atau beli langsung di pesawat. question: aneh nggak untuk pesan makanan yang akan dimakan setahun lagi? :p). Selanjutnya ada Pick My Seat yang juga bisa kita skip (kecuali pergi bareng si kecil, lebih baik beli kursi agar tidak terpisah). Ada juga Add Ons untuk shuttle bus dari bandara ke kota, dan sebaliknya. Ini juga bisa diskip. Google saja untuk cara termurah menuju airport, jika Shuttle Bus yang ditawarkan AirAsia paling murah, baru diambil (tapi google-nya jangan saat booking ya, kelamaan. Cari tahu sebelum proses booking). Untuk Go Insure alias asuransi, klik cancel dua kali untuk membatalkan. Untuk menghindari convinience fee atau biaya penggunaan kartu kredit, kita bisa bayar menggunakan Klik BCA untuk semua penerbangan yang menggunakan IDR.
Selamat mencoba :)

12 komentar:

  1. mba gita saya mau nanya nih. skrg kan AA lagi promo nih, kapan lagi ya promonya?? apa benar yg mba bilang d bulan november itu?

    BalasHapus
  2. hallo..
    kalau november itu biasanya free seat/kursi gratis promo. tapi aku nggak tahu november ini ada atau nggak, karena jadwal tahun ini yang biasanya april, nggak ada :(
    selain free seat promo, yg bisa ditunggu adalah promo BIG SALE, yang biasanya ada di bulan Februari, Mei, Agustus. Big Sale biasanya mulai dgn harga RP. 10.000,- one way (rute tertentu). kalo AirAsia jadwal promonya masih ngikutin jadwal yg biasa, berarti promo terdekat adalah BIG SALE di bulan Agustus. we'll see and wait yahh..

    BalasHapus
  3. wah makasih mba gita atas infonya. curiga sepanjang taun mantengin website AA nih haha.
    sy soalnya udh booked k thai buat juni 2012, dan rupanya teman2 saya pada ngiler juga hehe
    makasih banyak infonya mba

    BalasHapus
  4. @pradiptos: sama" semoga bermanfaat. met jalan2 ya!

    BalasHapus
  5. mba gita,, tengkyuu lho infonya... aku juga asli rajin banget ngintip promonya AirAsia tapi pengennyaa tujuan korea tapi belom pernah nemu... share infonya dong... pengen banget ke korea... hiks...

    BalasHapus
  6. sama" aku senang berbagi:) tapi kalau ke korea aku aja belum pernah dan pengen banget. pantengin aja promo-nya AA, dan pastikan beli tiket Korea pp di promo Big Sale, jangan beli saat gak ada promo ya, nanti gigit jari kemahalan :p

    BalasHapus
  7. mba, mw tanya dunn..
    mba kn bil klo sampai halaman pilih penerbangan qta bs liad kursi gratis ..
    tw gratis'a gmn?
    ap dy mncatatkan "from 0 IDR"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tampil Rp. 0 di harga tiketnya. tapi sekarang udah ngga pernah lagi mba

      Hapus
  8. copas:
    Sebelum promo dimulai, terutama bagi pemula, latihan dulu untuk membeli tiket di website-nya. Kerjakan sampai kolom pembayaran, tapi jangan klik Pay (namanya juga latihan)
    its call Dummy booking mba,,bs juga digunakan sebelum web check in agar seat kita bs sederet ama anggota kluarga lain yg 1flight
    copas:
    Trik Khusus
    Jam 11 kurang 15 menit waktu Jakarta, login terlebih dahulu di airasia.com, lalu masuk ke halaman booking dan isi detail penerbangan yang diincar. Jam 11.01, tinggal klik icon SEARCH.
    saya malah pernah mba,,jam 22.40 sdh dpt free seat nya,,hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap! sedih ya sekarang udah ga ada Rp. 0 lagi di AirAsia. untung udah pernah ngerasain

      Hapus
  9. Mba gita, saya berencana mau ke singapura akhir januari 2013. Kira2 kapan saat terbaik saya mbeli tiket? Kalau skrg harga tiketnya skitar 700rb PP. kasih tips dong mba apa sbaiknya saya beli tiket H-3bulan di mana ada promo, atau gmn gitu. Thanks mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Januari sudah termasuk dekat ya. Harga 700rb pp ke Singapore saat ini di Air Asia termasuk murah standar, karena Air Asia nggak pernah lagi promo gila-gilaan Rp. 0 atau cuma Rp. 10.000 ke Singapore.
      Boleh beli saat BIG SALE (tapi saya ga tau kapan jadwal BIG SALE di bulan2 ke depan). Saat BIG SALE mungkin bisa dapat sekitar 600rb - 650rb pp (saat promo, tiket ke SIN termurah saat ini biasanya 199rb one way, blm pajak bandara)
      Jadi nggak terlalu banyak selisihnya Mas Fabery, walaupun menunggu BIG SALE. Kalo ga ada BIG SALE, malah akan naik terus dari harga 700rb pp itu)

      Hapus