Minggu, 08 Mei 2011

Race to #YourSingapore : THE RACING


let me introduce you to 3 team of Race to #YourSingapore. i can say all photos are awesome.

Sampai di bandara sekitar jam 10 pagi, kita ketemu duluan sama Gevita, finalis asal Tasikmalaya. Naik ke atas bertemu dengan Dea, finalis yang lainnya lagi. Setelah kenalan, mengobrol sedikit, kita digiring mas Amet dari Singapore Tourism Board untuk check in. Jam 14.15 pesawat berangkat menuju Singapore. Sampai di Singapore, kita disambut beberapa LO (Liaison Officer) lain yang sudah beberapa hari sebelumnya tiba duluan di Singapore. Katanya sih demi menyiapkan rute race yang paling seru.

Kita semua menginap di hotel Ibis Novena, salah satu hotel yang bisa dibilang baru di Singapore. Sampai hotel sudah hampir makan malam, kita bersih-bersih sebentar dan diminta turun satu jam lagi untuk dinner. Disini nih bencana dimulai. Ternyata bukan hanya aku alergi bebek ya—karena tiap habis makan bebek pasti aku muntah-muntah keracunan enggak jelas—aku pun ternyata alergi lobster. Sehabis icip-icip nasi goreng premium lobster punya Trias, kok rasanya bibirku agak aneh. Lama-lama bibir itu membengkak 2 kali lipat ukuran aslinya. Para LO yang prihatin meminta aku istirahat, mengompres bengkaknya, kasih balsem, minum parasetamol dll. Aku udah sedih aja, besok kalau bengkaknya tidak hilang, acara race-nya bisa tidak semangat. Dokumentasi pun akan kacau, karena wajahku tidak kelihatan seperti aslinya a. k. a tidak cantik :p

Akhirnya memutuskan untuk istirahat lebih cepat. Disaat tim lain jalan-jalan menikmati malam pertama di Singapore, aku tidur aja deh.

all team and our Singapore LO mba Siska

Tapi untunglah esok paginya bengkaknya mereda. Pukul 09.00 pagi, acara Race to #YourSingapore pun dimulai! Di luar hotel, kita diminta pilih satu amplop yang menjelaskan rute yang akan kita tempuh. Ternyata 3 tim akan menempuh jalur yang berbeda, jadinya tidak sama persis seperti Amazing Race yang semua tim menempuh rute yang sama. Yang tercepat di Amazing Race, menang! Di Race to #YourSingapore, menangnya tim dihitung dari akumulasi poin. Poin yang dikumpulkan terdiri dari kecepatan dan ketepatan memecahkan clue, kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan tugas di setiap landmark, posting di twitter dan facebook sepanjang race, kebijaksanaan dalam menggunakan uang saku yang diberikan, dll. Oh ya, saat race kita diberi kartu Singapore Tourist Pass yang bisa digunakan tanpa batas di MRT dan bis seharian penuh, simcard SingTel untuk daftar Blackberry Service, dan uang saku 450 SGD.

Landmark pertamaku dan Trias itu tentang mal terbaru di Orchard yang punya patung alpukat di depannya. Trias ngotot ION, sedangkan aku masih tidak yakin, karena seingatku ION itu di depannya hanya ada patung-patung manekin warna-warni. Google sana sini, tanya teman-teman di twitter, ternyata benar ada patung alpukat di ION. Kita meluncur dari Novena ke Orchard. Karena dekat banget, 15 menit kemudian kami sudah sampai. Karena tugasnya harus beli makanan asli Singapore di Food Opera, mau tidak mau kami menunggu sampai mal buka yaitu jam 10 pagi. Baru sadar kami sepertinya dirugikan waktu disiniL

Hanya menghabiskan 5 dolar pertama kami untuk membeli Laksa Singapore, kami mendapatkan amplop clue untuk landmark kedua kami. Sebuah tempat yang beratap mirip durian? Yah ini sih anak SD juga tahu, apalagi kalau bukan Esplanade. Mengambil jalur MRT Circle Line, kita sampai dengan cepat di Esplanade station. Disini nih yang lucu—mungkin karena tim kami terlalu cepat—kami kelilingi Esplanade 2 kali, tidak nemu LO landmark. Ngumpet dimana coba? Setelah hampir putus asa, ternyata secara ajaib LO landmark ada di depan pintu teater Esplanade, yang sudah kami lewati 2 kali. Taruhan deh, pasti LO landmark-nya baru sampe!!! Ah raja tega deh! Mikir lagi, sepertinya mencari-cari LO landmark Esplanade yang belum datang ini juga menghabiskan waktu kami L

sepertinya ini juga salah satu alasan kenapa kita kalah, LO kita Mr. Agiel lelet gitu jalannya *piss

Di sini kami diberi tugas mengambil brosur Esplanade Diary, membeli 1 souvenir khas Esplanade dan 3 kartupos Singapore. Selesai menyelesaikan tugas dalam waktu 7 menit, kami pun mendapatkan clue untuk landmark selanjutnya.

Karena Ibis di Singapore hanya ada di Novena dan Bencoolen, aku langsung tahu kemana harus menuju. Ibis Bencoolen bisa dicapai dengan MRT stasiun Bugis, dan mengingat di Bugis ada tuh yang namanya mal Bugis Junction, pastilah tempat ini tujuannya. Ternyata benar, di depan pintu masuk Bugis Junction kita menemukan LO landmark, dan diberi tugas untuk membeli 3 souvenir Singapore yang berbeda. Tugas selesai, lanjut ke clue landmark keempat.


ASTAGA ASTAGA, Ku De Ta??! Jelas aja yang dimaksud Marina Bay Sands. Yang jelas Ku De Ta itu ada di Sands Sky Park, tempat paling yahud di Marina Bay Sands. Gimana juga nggak tahu—setiap artis yang aku dan Trias suka—seperti Adam Lambert dll, pasti ngetweet tentang Marina Bay Sands dan Ku De Ta-nya yang terkenal, tiap mereka selesai dinner di sana. Artis aja terpesona sampai tweet tentang hotel ini tanpa dibayar, apalagi kami??!! YUHUUUUU... Menduga bisa naik ke Sands Sky Park gratisan—FYI tiket masuknya 20 SGD per orang—kami pun melaju ke Marina Bay Sands. Dipintu masuk Sands Sky Park, ternyata sudah menanti LO landmark. Lhooo, kok kamu ada disini yah? Harusnya tunggu kami di Ku De Ta gitu, di atas, bukan di bawah! Tapi gerutu kami tidak beralasan kok, karena tugas yang diberikan ternyata mengharuskan kami berfoto dengan latar belakang Marina Bay Sands Infinity Pool yang TOP banget itu. Ahahaa tambah semangat. Alhasil di landmark keempat inilah, kita menghabiskan waktu lamaaaaaa sekali, karena kebanyakan foto-foto. Wajarlah, karena landmark yang ini belum pernah aku dan Trias datangi.

sampai juga disini, gratisan pula XD

Landmark terakhir ada di Sentosa. Disinilah kebodohan kami dimulai. Apa karena sudah capek, atau terlalu terpesona dengan Sands Sky Park dan Marina Bay Sands Infinity Pool-nya, kita tidak bisa mengartikan clue dengan jernih. Terpaku pada kata get wet and wild, kami malah muter-muter Imbiah station, mencari wahana yang bisa buat badan basah. Sampai-sampai kami memutuskan mau naik bis ke Wavehouse Sentosa. Hahaaa LO kami Mr. Agiel sampai ketakutan kalo kami bakal naik bisa beneran, karena sebenarnya LO landmark Sentosa sedang menunggu kami dengan manis di depan pintu loket wahana Sentosa di Imbiah. OMG, jadi tim yang datang ke Imbiah paling pertama, kami malah jadi tim yang paling terakhir menemukan LO landmark. DODOL banget nggak sih??!! Meski kecewa, tapi yang terpenting kami bisa menyelesaikan semua tugas dengan baik.

Race hari itu pun selesai dan semua tim dan LO berkumpul di Imbiah. Dari situ kami digiring masuk ke The Merlion at Sentosa. Disini kita bisa menonton sejarah Singapore. Dan dapat koin untuk dimasukkan ke patung singa di dalam. Patung singa-nya mengeluarkan kartu mystery gift, hadiahnya sesuai dengan mystery gift yang tercantum. Aku mendapat mousepad yang bisa diselipkan foto di dalamnya, sedangkan Trias dapat kipas bergambar Merlion. Lalu kami semua juga naik lift ke atas kepala si Merlion, untuk melihat Sentosa dari atas ketinggian 37 meter. (The Merlion; Imbiah Lookout. Admission Fee : SGD 8 per adult, SGD 5 per child)

Selanjutnya kami mencoba Tiger Sky Tower. Tepatnya seperti kabin observasi yang naik ke atas ketinggian 131 meter dan kabinnya pun berputar sehingga kita bisa melihat Sentosa dari segala arah. (Tiger Sky Tower. Admission Fee : SGD 15 per adult, SGD 13 per child)

Desperados is next! Wahana ini mirip Perang Bintang di Dufan, hanya saja yang kita tembak di sini bukan robot-robot bergerak, melainkan layar yang menampilkan cuplikan film koboi. Tembaklah sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan poin. Hebatnya tim kami dapat poin paling tinggi lho di wahana ini. (Desperados. Admission Fee: SGD 12 per person)

this pic is EPIC!

Wahana selanjutnya bikin aku dan Trias kegirangan. Skyline Luge! Karena inilah satu-satunya adrenalin yang ditawarkan para LO hehe.. Seru seru banget, memang tidak cukup sekali. Hampir mirip gokart, tanpa mesin, hanya kendaraan yang membawa kita menuruni jalan sepanjang 688 meter (Dragon Trail). Karena baru pertama kali, aku cenderung hati-hati mengendarainya, dan berakhir kalah! Hahaa yang penting have fun gan. Selesai mengendarai Luge, kita naik ke atas bukit lagi dengan kereta kabel yang disebut Skyride. Seru nih, semacam kereta kabel yang membawa kita naik ke atas bukit untuk main ski es, RING A BELL?? Saat Trias dan Gevita ketakutan di atas Skyride—karena kaki tidak menapak tanah mungkin—aku sih senang-senang aja. Mau berapa kali juga hayoo. (Skyline Luge Sentosa. Admission Fee for one way Skyride + Luge : SGD 12 per person)

Dan hari itu pun berakhir. Kita semua dinner di Food Republic Vivo City dan dapat jatah waktu bebas untuk jalan-jalan. Aku dan Trias memilih cabut ke Orchard Road cari tas Charles and Keith, Gevita pilih ke Chinatown; pastinya cari oleh-oleh murah, dan Dea plus partner-nya Andre mengaku ingin ke Geylang. Haahh serius, Geylang gitu? Dasar cowok.

Keesokan paginya, pemenang Race to #YourSingapore kemarin pun diumumkan. Dea dan Andre pemenangnya, dan berhak atas paket liburan 3 hari 2 malam di Singapore! Congratz! Aku dan Trias menempati tempat kedua, sayangnya tidak dapat hadiah XD Tapi sudah beruntung sekali bisa jadi finalis dan jadi bagian dari Race to #YourSingapore yang seruuuu banget. JUST BE GRATEFUL TO EVERYTHING YOU GOT GIRLS!! Itulah kata-kata penyemangat kami.

Pulang dengan hati bahagia, dan juga pertanyaan, ‘kapankah aku akan dapat free trip lagi? bagaimana jika ke USA? please God hear my pray. i wanna go to USA USA USA.’

Just dream and The Secret method will help you out XD


4 komentar:

  1. seru bangets ceritanya mbak! *decak kagum*

    BalasHapus
  2. makasih! tahun depan ikutan lombanya. jangan lupa follow @Singasik di twitter ok!

    BalasHapus
  3. Widiihh.. pasti seru banget ya Gita! Langsung kebayang nih #PlayingOnMyMind petualangan dan race seru ala Amazing Race versi Singapore.. Meskipun gak jadi pemenang, tapi gue yakin hati kamu pasti tetep bahagiaaa :) Ok aku pasti follow @Singasik deh, siapa tau bisa ngerasain keseruan yang kamu dapetin kemarin! :)

    BalasHapus
  4. yeah, go follow them hun! jgn lupa join kalau mereka ngadain kontes lagi, sering kok mrk ngadainnya :)

    BalasHapus