Selasa, 12 Maret 2013

Hidden Beach Bali, Pantai Suluban dan Pantai Balangan

HARI KETIGA NIVEA GOOD SKIN DAY TRIP

Hari terakhir Nivea Good Skin Day Trip To Bali. Sedih karena harus balik ke Jakarta dan berkutat dengan pekerjaan lagi, tapi senang juga karena hari itu kita diberikan waktu bebas berkelana mengeksplorasi Bali. Aku dan Trias pindah ke Alphard-nya Fildza dan Nina, karena interest kita sama, mau ke pantai-pantai rahasia Bali yang belum pernah kita kunjungi.

Mobil kami pun bergerak menuju arah yang sama dengan Pantai Padang-Padang. Nama pantai Padang-Padang sudah bagus, mudah-mudahan tidak diganti dengan Pantai Julia Roberts, seperti yang dikemukakan LO kami. Film Eat Pray Love yang mengambil setting di pantai ini membuat orang-orang sekitar menyebutnya Pantai Julia Roberts. Ihhh yang benar aja...

Karena kita semua sudah pernah ke Pantai Padang-Padang, mobil pun melewati pantai ini dan melaju menuju Pantai Suluban.

Pantai Suluban berdekatan dengan Blue Point Resort, jadi ada pula yang menyebutnya pantai Blue Point. Jalan masuk ke pantai ini harus melewati rumah-rumah penduduk yang banyak dialihfungsikan menjadi usaha surfboard, tato, penginapan, warung, kafe, dan lain-lain. Jalannya terus menurun dan melewati tangga-tangga kayu reyot, menunjukkan bahwa Pantai Suluban berada di bawah tebing.

Setelah pasir pantai terlihat, kita tidak segera melihat air lautnya. Sebelumnya ada dua jalan, satu kembali menaiki tangga dan satu lagi jalan terus melewati gua karang yang sangat besar. Kami terlebih dahulu menaiki tangga, lalu sampai ke tebing yang ternyata terdapat kafe di sana. Kafe ini pemandangannya eksotis, di bawahnya pantai dan karang-karang. Kafe ini pun punya sun deck tempat bule-bule bisa berjemur.

Di atas karang Pantai Suluban

Turun ke bawah, kami lanjut ke pantainya. Pantai Suluban tergolong kecil. Air laut pagi itu pasang, jadi garis pantainya lebih mengecil lagi. Hanya berkisar 15 meter di antara karang-karang tinggi. Tidak terlihat wisatawan lokal di sini, mungkin kamilah satu-satunya. Yang banyak bersliweran adalah bule-bule yang membopong papan surfingnya, karena ombak Pantai Suluban tinggi dan cocok buat surfing.

Jadi model dadakan di Pantai Suluban

Puas menikmati Pantai Suluban, kami pun beranjak ke mobil lagi. Kali ini LO dan supir kami membawa kami ke pantai rahasia selanjutnya, Pantai Balangan.

I love this beach! Tangga menuju ke pantai tidak sejauh Pantai Suluban dan tidak terlihat rumah-rumah penduduk. Hanya ada pura di dekat karang yang besar. Tapi sedihnya di depan terpampang papan pengumuman bahwa di lokasi pantai akan dibangun Balangan Paradise, yang artinya lagi-lagi pantai ini akan dikuasai resor layaknya Pantai Dreamland (Klapa Resort), Pantai Ungasan (Karma Kandara dan Banyan Tree Resort) atau Pantai Geger (Mulia Hotel and Resort).

Tangga menurun menuju Pantai Balangan

Bentuk karang yang unik di Pantai Balangan, bolong-bolong

Banyak anak kecil Bali bermain seluncur karang di sini, karena kondisi pantainya lucu banget, ada karang bolong-bolong. Beberapa dari mereka tiduran seperti berjemur, masing-masing menempati satu lubang karang.

Ke arah kiri pantai, kita bakal menemukan pantai berpasir yang luas dan deretan pohon kelapa. Sayang aku malah lupa mengambil gambar pantai bagian yang ini.

Jika balik ke Bali, niat banget mau kasih lihat pantai ini ke teman-teman yang belum tahu. Kenapa harus berdesak-desakan di Kuta atau Seminyak kalau ada banyak pantai tersembunyi yang sunyi sepi dan damai di Bali?

Pulang dari Pantai Balangan, kami mampir dulu ke Khrisna untuk membeli oleh-oleh. Coba makan juga di Warung Khrisna yang gedungnya berseberangan. Tepat jam 2 siang, kami pun menuju bandara Ngurah Rai untuk kembali ke Jakarta.

Thats a wrap! What an amazing experience with Nivea. Terima kasih Nivea yang sudah ajak-ajak aku liburan dengan VIP treatment di Bali, rasanya seperti jadi finalis Miss Universe.

Kalau dapat hadiah liburan gratis seperti ini, jadi ketagihan deh ikutan kontes trip lainnya. Capcuss...

Segini banyak oleh-oleh dari Nivea :)