Jumat, 08 Maret 2013

Puisi tentang Manila, Filipina

Dimuat di Harian Suara Karya, Sabtu 26 Januari 2013


Araneta Coliseum

alat-alat musik yang pasrah
sunyi sebelum bunyi
ini menu kalbu, jika dimainkan rasa damai 
seperti aliran air di pematang
o, gesekan biola itu
seperti suaramu membisik di telingaku

                              * Filipina, Mei 2012



Manila Cathedral

orang-orang bercermin 
di bawah patung
senyumnya menggantung
di pintu-pintu awan.

                              * Filipina, Mei 2012



Di Persimpangan Intramuros
                    :wima

di persimpangan Intramuros
ada gedung yang diabaikan
dihuni sejarah  dan rasa kecut di mata
aku ambil gambar daun di atas sungai Pasiq melewati jembatan,
angin kencang menampar dan wajahmu jenaka 
di pelupuk mata aku rindu kamu pastinya kamu ada di sini.

                                   * Filipina, Mei 2012



Mahkota Air Di Kepalamu

air mancur berdansa di Rizal Park
dan aku melihat ada mahkota air
di kepalamu. 
sedang di latar belakang kudengar 
seakan Jose Rizal sang penyair pemberontak itu 
berorasi dengan puisi
kita makan di mana, katamu Chinatown terbayang, 
sekian langkah akan sampai, tapi sudahkah kita 
telepon Jakarta, mempertanyakan masihkah demo 
jadi menu sehari-hari?
aku ingin semua manusia mengenakan mahkota air 
agar selalu dingin dan sejuk kepala dan hatinya.

                                   * Filipina, Mei 2012




Diosdado Macapagal International Airport

bandara kering, seperti baju lapuk 
yang dijemur
aku turun dengan wajah 
yang baru mencangking sejuta keinginan di antara 
benua-benua yang subur dalam ingatan
dari tempat ini, dua jam ke Manila nyenyakkah tidurmu? 
aku rindu batagor dan sambal petis. 
tapi lapar ini telah mengirimkan 
gambar-gambar tangis saudaraku 
yang kehilangan hak
di tanah airnya sendiri
oh, tanah airku. jangan sampai tersulap 
jadi rumah para babu!

                                   * Filipina, Mei 2012




Di Rizal Park

di Rizal Park angin berjuang membentuk dingin. 
namun kulitku tetap kering 
dan mata seakan berdebu 
burung-burung bertukar tempat
di dahan cemara
di sini, ada bau puisi perjuangan
tapi begitu lebatnya tabir mengurung
sebegitukah hukum terkulum dendam?
aku melihat awan tak pernah 
bisa menggambar tuhan. 
tapi di matamu, wima selalu ada 
peta yang memudahkan
aku kembali menemukan jalan pulang
di Rizal Park, sepasang kaki berdiri
menghadap jalan. menghitung jarak antara 
Roxas Boulevard dan Intramuros siapa yang menunggu? 
mungkin. mungkin.seorang kekasih 
yang baru dikenalnya.

                                   * Filipina Mei 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar