Rabu, 14 Januari 2009

Makanan yang Perlu Dihindari untuk Bayi Dibawah 1 tahun

• Makanan sarat bumbu
Dengan memberi makanan yang tidak sarat bumbu, Anda mengajarkan bayi untuk “mengenali dan menikmati” berbagai rasa alami dari bahan makanan yang Anda beli.
• Penyedap rasa atau vetsin dan sejenisnya
Jenis garam yang terdapat dalam berbagai penyedap atau sejenisnya akan memperberat kerja ginjal bayi yang belum sempurna.
• Daging asap
Daging asap mengandung kadar garam cukup tinggi, sehingga dikhawatirkan memperberat kerja ginjal bayi.
• Susu sapi
Usahakan untuk memberikan ASI atau paling tidak susu formula sebagai campuran bahan makanan bayi di bawah satu tahun.
• Telur
Banyak bayi yang alergi telur. Namun, telur dapat diberikan pada bayi yang sudah lebih besar (sekitar 10 bulan ke atas), dengan harapan tubuhnya sudah lebih tahan terhadap alergi.
• Kacang
Hindari makanan ini untuk bayi yang mempunyai riwayat alergi.
• Madu
Sebaiknya jangan diberikan pada bayi di bawah usia 10 bulan, karena dikhawatirkan pencernaannya masih rentan dan belum tahan jika Anda memberikan madu yang kebetulan mengandung bakteri Clostridium botulinum

3 komentar:

  1. haii.. salam kenal yaa.. aku juga bunda baru niih.. baru 7 bulan yg lalu,, btw kenapa ya madu ga boleh dikasih ke bayi under 1thn? coz mertua aku seneng bgd kasih madu :(

    BalasHapus
  2. karena bunda, ini penjelasannya. *copas jg dari google*
    Madu bisa mengandung spora bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini memproduksi zat beracun yang bisa menyebabkan penyakit botulisme pada bayi. Meski kasusnya jarang, penyakit tersebut bisa berakibat serius.

    Pada bayi yang sistem pencernaannya belum sempurna, bakteri Clostridium botulinum bisa berkembang dan memproduksi racun mematikan penyebab botulisme.

    Bayi yang menderita botulisme akan mengalami kelemahan otot dan masalah pernapasan. Karena itu, para ibu tidak disarankan memberikan madu, bahkan sebagai obat atau pemanis makanan.

    BalasHapus
  3. Mila umminya Binta27 Juni 2011 pukul 00.54

    thanks yah mba gita. infonya bermanfaat bgt buat aqu yg jg punya baby. apalagi resep buburnya, TOP BGT deh. keep posting useful article for us ok :)

    BalasHapus