Kamis, 15 Januari 2009

Twilight vs Roswell, kok mirip yah?




VS







Hi semua,

Kalau udah jadi temen aku sejak dulu, atau at least udah add aku di FS, FB atau MySpace, pasti lihat di profil aku kalau serial TV favoritku salah satunya adalah Roswell. Roswell adalah serial TV yang diputar antara tahun 1999-2002 di WB atau di Indonesia diputar di SCTV. Sayangnya SCTV menayangkan hanya sampai season 1--sebelnya masih kerasa sampe sekarang, karena ceritanya bener-bener lagi seru—biasa penyakit stasiun TV sini beli serial TV cuma setengah-setengah, yang ada penontonnya jadi geregetan.


Nah, jadi ceritanya aku lagi lihat-lihat profil sendiri dan nemu kata Roswell disana, trus langsung ngeh (kalau di film kartun biasanya ada lampu nongol di atas kepala), kayaknya cerita Twilight mirip-mirip Roswell yah?


Bagi kamu yang sekarang masih abg pasti ngga kenal serial TV Roswell, tapi buat kamu yang jaman dulu sukanya The Moffatts (that’s me!), Hanson atau serial TV Buffy The Vampir Slayer, pasti tau! (Oh ya, Roswell ini di SCTV gantiin Buffy yang udah abis masa tayangnya).


Jadi cerita singkatnya gini, Roswell menceritakan seorang cewek bernama Elizabeth Parker (diperankan oleh Shiri Appleby) yang tinggal di kota Roswell, New Mexico. Liz masih bersekolah di West Roswell High dan bekerja di restoran milik ayahnya. Ceritanya jadi menarik saat Liz mengalami kecelakaan waktu bekerja, keributan di restoran membuat peluru dari salah satu pengunjung nyasar ke badannya. Liz beruntung, Max Evans salah seorang teman sekolahnya yang misterius (diperankan oleh Jason Behr—cakep bo—ayo googling picnya), menolongnya dengan menggunakan kekuatan supernya, menyentuh luka Liz dengan tangannya dan ajaib, luka tembaknya menghilang. Sejak saat itu Liz terobsesi dengan Max, berniat mengungkap rahasia kelamnya dan tentu aja, jatuh cinta sama Max yang ternyata adalah alien (well, seems to good to be true, hehe).


WAHAHAHAA, sumpah mirip banget (ide) ceritanya. Yang bedain cuma profesi tokoh utama pria aja (kalau vampir dan alien bisa dibilang profesi sih). Bahkan ada beberapa yang aku perhatikan sama :




  1. Elizabeth maunya dipanggil Liz aja. Isabella? Bella aja, tuh.

  2. Max adalah partner lab biologi Liz di sekolah. Edward? Idem.

  3. Max menolong Liz dari luka peluru nyasar. Edward? He stopped the van!

  4. Kedua cerita dibuat dari perspektif tokoh utama wanita. Di Roswell diceritakan dari sudut pandang diary yang ditulis Liz.

  5. Di Roswell diceritakan bahwa Max dan saudara-saudaranya (Michael dan Isabel, sama-sama alien), diangkat anak oleh orangtua mereka sekarang. Edward dan saudara-saudaranya juga anak angkat, kan?

  6. Max selalu datang ke kamar Liz dari jendela (balkon). Edward juga! (Mungkin memang begitu adanya kalau pacar kamu punya superpower, ngapain juga lewat pintu depan?)

  7. Max dan saudara-saudara berusaha menjalani hidup sebagai manusia dan berusaha menyembunyikan sisi alien mereka, so are the Cullens!

  8. Max tau tentang sejarah alien atau orang yang sama dengan dia pertama kali dari orang Indian di reservasi, Bella juga tau tentang legenda vampir dari orang Indian di reservasi, yaitu dari Jacob.

  9. Liz dan Max akhirnya menikah, so did Bella and Edward.

  10. Liz diceritakan akhirnya juga memiliki kekuatan alien dan special gift-nya adalah bisa membaca masa depan. Bella juga akhirnya jadi vampir dan bakatnya adalah menjadi ‘shield’.

  11. Kehamilan Tess yang cuma satu bulan aja, trus fetus yang menyakiti Tess--kedengeran kayak Renesmee banget yah?

  12. Zafrina yang bisa memanipulasi pikiran orang, membuat orang melihat bukan hal sebenernya, juga sama persis ma keahliannya Tess.

  13. Nasedo adalah shapeshifter, wow ternyata Sam, Jacob dan kawanannya juga disebut shapeshifter pada akhirnya(di Breaking Dawn).


  14. Apalagi yah, nanti deh kalau ada lagi aku posting ya..

Aku sih ngga berniat bilang Stephenie Meyer mengambil ide dari Roswell. Percaya deh, ngga ada satu pun di dunia ini yang original (yeah, like one day I’ll probably writing love stories between human and pocong, who knows?) Tapi secara pribadi (subjektif loh yaa), Roswell lebih kaya dan padat ceritanya dibandingkan Twilight. Dibandingkan Twilight yang kisahnya mudah ditebak jalan ceritanya, Roswell jauh lebih baik dalam plot, action, dan lain-lainnya. Jika dalam Twilight ‘orang luarnya’ adalah werewolves, nomadic vampire dan Volturi, Roswell melibatkan Sheriff setempat, Skins, Nasedo, Kivar sampai FBI (seingetku sih). Lalu, mengenai kisah cinta tragis, Edward dan Bella memang ditakdirkan untuk bersama, hambatannya hanya Edward yang menginginkan kehidupan terbaik untuk Bella, jadi dia pergi meninggalkan Bella sementara (buku New Moon). Tapi di Roswell, Max ditakdirkan bersama dengan Tess (ga suka cewek ini, huhh..), jadi diceritakan dia harus bersama dengan Tess, agar masa depan planet asal mereka aman dan bisa menyelamatkan nyawa semua orang. Padahal hati Max hanya untuk Liz, dan kenyataan ini bikin hati Max dan Liz pedih. Duh, inget deh dulu pas si Tess ini dateng, setiap kali nonton Roswell bawaannya ngeluarin air mata melulu, sampe ketahuan Ibuku dan diketawain. Udah gitu soundtrack-nya Roswell itu menghanyutkan banget, lagunya Dido yang “Here With Me” itu loh. Ingat ga, ini sebagian liriknya :

“Oh I am what I am.
I’ll do what I want but I can’t hide.
I won’t go. I won’t sleep. I can’t breathe,
Until you’re resting here with me.
I won’t leave. I can’t hide. I cannot be,
Until you’re resting here with me.”


Jadi, Twilight vs Roswell, menurut kamu bagaimana?
(PS : Kalau aku mungkin suka dua-duanya, but untuk urusan cowok, kayaknya tetep pegang Edward Cullen deh. Nothing compares to him. Tapi untuk Twilighters yang open-minded, coba nonton Roswell dan bandingkan. Btw ada ga ya DVD-nya, kalo ada aku juga mau!)

7 komentar:

  1. jualmurah.multiply.com jual tuh kayaknya. pernah beli gossip girl juga disitu soalnya.

    BalasHapus
  2. oh ya... aq nonton smp Tess nya punya anak dan dibawa oleh bokapnya si Max.. (bener ga sih...)
    dah lama banget kan ....
    bener nih... ntn ini gantung banget :(

    btw, salam kenal :)

    BalasHapus
  3. iya emang gantung banget. tapi ultahku januari kemarin dibeliin dvd complete season-nya Roswell sama papanya Wima. dari Tess punya anak itu ga jauh2 banget langsung selesai koq. Tess-nya merasa bersalah udah bunuh Alex n dia menyerahkan diri ke FBI. yang lain pergi dari Roswell dan memulai hidup baru. Liz ninggalin diary-nya untuk orangtuanya agar mereka bisa paham apa yg sudah terjadi. gitu akhirnya..

    BalasHapus
  4. wah...twilight mirip sama roswell yah?
    aq baru taw kl da roswell...hihihii...maklum, masii kecil :D

    BalasHapus
  5. Pernah nnton.. Tp lupaa2 ingat.. N ga tau akhirx gmn...;p
    Tp msh pnasaran bgt...

    BalasHapus
  6. aku jjuga suka bangetttt ceritanya ...
    sedih kl liat percintaan max and liz....

    BalasHapus
  7. ieh..aku juga suka banget sama serial tv ini...
    seneng banget ama Dawson's Creek, Gilmore Girls dan sama serial tv sebagai gantinya roswell yang ngisahin tentang superman remaja.
    aku juga punya pendapat sama kayak kamu...twilight mirip banget ama roswell tapi i prefer to roswell...

    BalasHapus